Pengalaman Pertama Menghasilkan Dollar Di Fiverr

2
494

Mungkin sebagian atau semuanya udah pada tau nih fiverr, ya kalau belum tau saya jelaskan apa itu fiverr menurut saya,

Fiverr merupakan platform marketplace khusus dalam bidang “Jasa”, yang berarti kita dapat menjual jasa kepada orang lain yang membutuhkannya. contoh : Si butuh jasa buatin logo produk nya, sementara di tidak mengerti tentang desain grafis, kemudian dia mencari penyedia “Jasa Desain Logo” di fiverr lalu membelinya, Lalu si penyedia “Jasa” yaitu si B menerima orderan jasa tersebut dan mengerjakannya, setelah selesai jasa yang dipesan lalu di memberikan hasil desain logo yang diminta kepada si A.

Pertama kali saya mengenal fiverr yaitu pada tahun 2013, namun belum pernah menyediakan jasa, namun pada tahun 2016 ini saya mulai menyediakan jasa yaitu “install And Configure Owncloud Server“,  oh iya, sebutan “Jasa” pada fiverr yaitu “GIG”.

Belum lama saya menyediakan Gig tersebut, sekitar kurang lebih 3 hari. sudah ada 2 calon pelanggan yang menanyakan tentang jasa saya tersebut, berikut screenshot nya
lynecker-fiverr2Setelah banyak melakukan perbincangan seputar Gig yang saya berikan, akhirnya 1 calon pelanggan melalukan order pada Gig saya sebesar $25, kemudian saya selesaikan kurang dari 24 Jam seperti perjanjian yang saya tetapkan pada Gig saya, (Ingat jangan setting durasi Gig pada saat membuatnya, karena jika terlambat dari jadwal yang ditentukan maka Orderan akan di cancel otomatis dan dana dikembalikan ke pembeli)

Pada saat saya selesai memberikan file/data yang dibutuhkan dari hasil kerja saya, saya melihat hanya $20 yang masuk saldo fiverr saya. saya bingung dan agak merasa kecewa, lalu saya cari di mbah google, kemudian menemukan jawaban nya bahwa ada Fee/Potongan dari pihak fiverr kurang lebih $1 per order nya, karena 5 order jadi dipotong $5 deh.

Tapi saya tetap bersyukur, dalam waktu jangkan kurang lebih 3 hari bisa dapet $20, hehehhe. Ada beberapa saran dan catatan buat kamu yang ingin memulai membuat layanan jasa di fiverr :

  1. Jangan asal setting durasi waktu untuk jasa, karena akan ribet kan jika order satu hari ada 2 orang dan harus selesai di waktu yang sama? saya saja nyelesain yang satu order kemarin juga capek, karena durasi waktu nya satu hari, kemudian order nya jam 11 Malem 😀 ya terpaksa harus begadang nyelesainnya.
  2. Biasakan fast response, karena itu adalah faktor utama untuk mendapatkan pelanggan. saya biasanya ketika dapat email bahwa di fiverr ada pesan(message), maka lansung balas secepatnya.
  3. Pelajari minimal penggunaan bahasa inggris selevel percakapan umum, karena nantinya semua pelanggan kamu rata rata menggunakan bahasa inggris, jika bingung dengan artinya, bisa gunakan Google Translate.
  4. Setelah kamu selesai memberikan hasil dari kerjaan kamu, mintalah pelanggan kamu memberikan review, karena ini penting untuk menambah kepercayaan calon pelanggan selanjutnya.
  5. Buatlah deskripsi Jasa yang jelas dan mudah dimengerti.

Sekian dulu pengalaman pertama saya di fiverr, tunggu update selanjutnya ya. terima kasih.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here